Pemerintah Propinsi Kalimantan Timur Study Banding Ke Kota Sukabumi

22 Dec 2011

Pemerintah Propinsi Kalimantan Timur Study Banding Ke Kota Sukabumi

Pemerintah Propinsi Kalimantan Timur Study Banding Ke Kota Sukabumi

Study banding merupakan suatu kepatutan bagi suatu daerah Kota-Kabupaten dalamrangka meningkatkan tata kelola adiministrasi pemerintahan yang baik, seiring dengan regulasi yang ada serta tuntutan di era saat ini, cepat, tepat akurat efektif dan efisien serta secara implementatif melalui optimalisasi pemanfaatan kemajuan teknologi informasi dan komunasi ( TIK).

Tidak sedikit Kota-Kabupaten dari dalam dan luar pulau jawa yang melakukan studybanding ke Kota Sukabumi, baik dari sisi penyusunan perencanaan ( RPJMD/RPJP)maupun dari sistem pelaporan yang diterbitkan dalam bentuk Laporan AkuntabilitasKinerja Instansi Pemerintah ( LAKIP ). Terutama setelah Kota Sukabumi memperolehprestasi, berada pada ranking pertama ditingkat nasional di bidang LAKIP padatahun 2011.

Melihat kondisi demikian bertepatan dengan Hari Ibu ke 83 tahun 2011 (22/12/11), Pemerintah Propinsi Kalimantan Timur dari Bagian Akuntabilitas Kinerja BiroOrganisasi melakukan study banding di Kota Sukabumi, kehadiran rombongan diterimaoleh Kabag Tata Pemerintahan Iskandar atas nama Assisten Pemerintahan beserta Staf unsur dari Bappeda danInspektorat diruang rapat Bagian Tata Pemerintahan.

Ketua rombongan , Soraya mengatakan suasana kota sukabumi benar-benar sejuk dan nyaman dibarengi ramah tamah penduduknya termasuk karyawan-karyawati dilingkungan Pemda Kota Sukabumi mampu memberikan mutu pelayanan terbaik, sehingga pihaknya dengan mudah untuk memperoleh data/ informasi yang diperlukan, sebagai bahan kajian lebih lanjut yang akan diterapkan di Kalimantan timur.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Kota Sukabumi, Iskandar mengatakan, sesuai dengan undang undang nomor 25 tahun 2004, tentang sistem perencanaan pembangunan nasional, Pertama penyusunan perencanaan, penetapan perencanaan, implementasi perencanaan dan evaluasi perencanaanyang diterjemahkan melalui Perda nomor 7 tahun 2008, tentang RPJPD dan Perda Nomor 8 tahun 2008 tentang RPJPM, Pembangunan dilaksanakan butten up top down, semua komponen masyarakat diajak bicara melalui Musyawarah Rencana Pembangunan Kelurahan beranjak ke tingkat Musyawarah Rencana Pembangunan Kecamatan hingga bermuara ditingkat Musyawarah Rencana Pembangunan kota, untuk menentukan skala prioritas program yang diterbitkan dalam bentuk Rencana Pembangunan Tahunan Daerah ( Rapetada) , RPJMD dan RPJPD. (Den_Guy)


TAGS Pemerintah Propinsi Kalimantan Timur Study Banding Ke Kota Sukabumi


-

Author

Follow Me


Archive